Senin, 30 Juni 2014

Penyebab mengapa mata selalu berkedip

Mengapa Mata Harus Selalu Berkedip? 

Pernahkah kamu berpikir mengapa mata setiap detiknya selalu berkedip? Mau tau jawabannya?
Jawabannya singkat !!! 
Mata kita selalu berkedip setiap detiknya karena hal tersebut berfungsi untuk meratakan air mata yang kaya oksigen ke seluruh
permukaan mata.

Untuk apa? tentu saja untuk menghalau kotoran yang ada di bola mata terutama bagian kornea (lapisan terluar pada mata bagian depan) atau untuk menjaga mata kita dari kotoran seperti debu, dsb. Selain itu, bagian ini akan mengalami iritasi apabila kering. Jika tidak percaya, coba saja tahan kelopak mata kamu agar tetap terbuka selama beberapa menit, terasa pedih kan? Oleh karena itu, mata setiap detiknya harus selalu berkedip.
Nah frekuensi mata seseorang berkedip juga bervariasi, sebagian besar dipengaruhi oleh usia. Kelenjar air mata pada orang lebih tua akan berkurang kinerjanya, sehingga bola mata menjadi lebih cepat kering. Akibatnya, mereka berkedip dengan lebih sering. Sebaliknya, bayi berkedip lebih jarang karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, sehingga kondisi kelembaban bola mata tetap terjaga.
Ada beberapa fakta menarik tentang kedipan mata kita. Diantaranya adalah, dalam kondisi berkonsentrasi pada sesuatu, kelopak mata kita bisa “lupa” untuk berkedip. Misalnya ketika sedang bermain game, belajar untuk ulangan, atau bekerja di depan layar monitor. Akibatnya, mata menjadi lebih mudah mengalami iritasi dan terasa pedih.
Nah sekarang tahu kan mengapa mata kita selalu berkedip tiap detiknya???

0 komentar:

Posting Komentar