Selasa, 19 Agustus 2014

Tari Merak


Tahukah kalian Tari Merak itu berasal dari daerah mana? Tari Merak merupakan salah satu dari sekian banyak tarian tradisonal yang ada di Negara Kesatuan Repubik Indonesia. Tari Merak ini berasal dari bumi pasundan atau yang sekarang lebih di kenal dengan nama JAWA BARAT.

Tari Merak diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950-an. Sesuai dengan namanya, Tari Merak merupakan implentasi dari kehidupan burung merak yaitu lebih tepatnya tingkah merak jantan ketika ingin memikat merak betina.

Warna kostum yang digunakan oleh para penari juga biasanya sesuai dengan corak bulu burung merak. Selain itu, kostum penari juga dilengkapi dengan sepasang sayap yang mengimpletasikan bentuk dari bulu merak jantan yang sedang dikembangkan.

gerakan tari merak
Gb. Sejarah Tari Merak

Untuk gerakan tari merak itu sendiri lebih didominasi oleh gerakan yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan oleh sang merak jantan. Nilai keceriaan dan kegembiraan tersebut semakin jelas terlihat dengan penggunaan kostum yang digunakan oleh sang penari.
Tari Merak biasanya diiringi dengan lagu Macan Ucul.
Fungsi dari Tari Merak ini yaitu:
  1. Sebagai tarian persembahan untuk para tamu yang hadir dalam resepsi pernikahan.
  2. Sebagai tarian penyambutan untuk rombongan pengantin pria ketika menuju pelaminan.
  3. Sebagai tarian penyambutan tamu agung dalam sebuah acara atau ritual.
  4. Sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia dalam kancah internasional.

0 komentar:

Posting Komentar