Kamis, 21 Agustus 2014

KERAK TELOR


Kerak telor???
Siapa yang tak kenal makanan tradisonal ini. Kerak telor merupakan salah satu makanan tradisonal Indonesia tepatnya makanan tradisonal dari Betawi. Diberi nama kerak telor mungkin karena rupanya yang agak sedikit gosong. Makanan ini telah ada ketika Jakarta (Ibu Kota dari Negara Indonesia) masih bernama Batavia.
Makanan tradisonal ini terbuat dari telur, ketan, parutan kelapa, dan bumbu pelengkap seperti bawang goreng.

Dahulu, kerak telor ini sering disajikan di hajatan-hajatan besar orang Betawi. Namun seiring berjalannya waktu, kerak telor ini mulai tergantikan dengan makanan yang siap saji. Sehingga keberadaan dari kerak telor ini menjadi sangat sulit untuk dijumpai. Makanan tradisonal Betawi ini sekarang hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu saja contoh di tempat-tempat wisata, pada event-event tertentu di Jakarta seperti hari jadi kota Jakarta.

Sekarang ini, pembuat kerak telor bukan didominasi oleh orang betawi asli. Melainkan yang bukan dari betawi juga sudah banyak yang menjual kerak telor. Sebagai contohnya pada event Jakarta Fair, dari sekian banyak penjual kerak telor yang ada di tempat tersebut, mayoritasnya adalah orang Sunda. Sedangkan orang Betawi aslinya hanya sedikit saja.
So buat kalian yang merasa orang Betawi, lestarikanlah makanan tradisonal ini. Janganlah dilupakan karena itu adalah ciri khas dari Betawi :)

0 komentar:

Posting Komentar