Kamis, 21 Agustus 2014

TAMAN LAUT BUNAKEN

Taman Laut Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman Laut Bunaken ini terletak di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang. Selain itu juga menjadi habitat bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptil, dan mamlia laut. Untuk spesies ikan, Taman Laut Bunaken ini memiliki 90 spesies ikan yang tinggal di perairan wilayah ini.
Wow keren kan???
Taman Laut Bunaken ini juga merupakan perwakilan dari ekosistem laut yang ada di Indonesia contohnya padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Untuk ekosistem terumbu karang jangan ditanya lagi, Taman Laut Bunaken ini memiliki begitu banyak ekosistem terumbu karang. Ada sekitar 390 spesies terumbu karang di Taman Laut Bunaken ini. Amazing...

Untuk spesies alga terdapat di daerah Caulerpa, Halimeda, dan Padina Taman Laut Bunaken. Sedangkan unutk spesies rumput laut dapat ditemui di Thalassia Hemprichii, Enhallus Acoroides, dan Thalassaodendronciliatum Taman Laut Bunaken.
Untuk di daratan, Taman Laut Bunaken ini kaya akan Arecaceae, Sagu, Woka, Silar dan Kelapa. Taman Laut Bunaken juga memiliki spesies hewan yang tinggal di laut yaitu seperti rusa dan kuskus.

Ada 22 desa di Taman Bunaken ini dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa. Sebagian dari mereka bekerja sebagai nelayan, petani kelapa, ubi jalar, pisang dan rumput laut untuk di ekspor ke luar negeri.
Tempat pariwisata ini terus berkembang dan banyak diketahui khalayak umum pada tahun 2003. Jumlah pengunjung di Taman Nasional Bunaken ini mencapai 32.000 hingga 39.000 jiwa dengan 8.000-10.000 diantaranya merupakan turis asing.

0 komentar:

Posting Komentar